Featured Post

Nausea (D. 0076)

Gambar
Definisi Perasaan tidak nyaman pada bagian belakang tenggorokan atau lambung yang dapat mengakibatkan muntah Penyebab Gangguan biokimiawi (mis. Uremia, ketoasidosis diabetik) Gangguan pada esofagus Distensi lambung Iritasi lambung Gangguan pankreas Peregangan kapsul limpa Tumor terlokalisasi (mis. Neuroma akustik, tumor otak primer atau sekunder, metastasis tulang di dasar tengkorak Peningkatan tekanan intra abdominal (mis. Keganasan intra abdomen) Peningkatan tekanan intrakranial Peningkatan tekanan intraorbital (mis. Glaukoma) Mabuk perjalanan Kehamilan Aroma tidak sedap Rasa makanan/ minuman yang tidak enak Stimulus penglihatan tidak menyenangkan Faktor psikologis (mis. Kecemasan, ketakutan, stres) Efek agen farmakologis Efek toksin Gejala dan tanda Mayor Subjektif Mengeluh mual Merasa ingin muntah Tidak berminat makan Objektif (Tidak tersedia) Gejala dan tanda Minor Subjektif Merasa asam di mulut Sensasi panas/ dingin Sering menelan Objektif Saliva meningkat Pucat Diaforesis Takika

CARA MEMBUAT SARDEN HOMEMADE

Assalamualaikum mak-emak di manapun anda berada...
Kali ini saya akan sharing sedikit tentang resep dan cara membuat sarden home Made...
Tapi sebelum itu saya ingin cerita sedikit tentang bagaimana asal muasalnya sampai saya mencoba untuk membuat sendiri lauk sejuta umat nan legendaris dan disukai semua generasi ini.
Mungkin emak-emak pernah mendengar mengenai SARDEN kemasan kaleng yang terdapat cacing didalam daging ikannya... berita ini sempat viral dari medsos sampai ke media elektronik. Bahkan ibu menteri kesehatan pun ikutan bicara soal cacing sarden ini di media massa bahwa cacing didalam sarden itu gak ada masalah dan justru bagus karena mengandung protein....

Sejak  pertama kali melihat postingan sarden bercacing kala itu, seketika itu pula saya merasa sangat jijik dan berusaha mengingat kembali kapan terakhir kali saya memasak dan memakannya?... selama ini saya bahkan tidak pernah memperhatikan hal-hal yang sedetail itu ketika memakan ikan sarden kalengan.
Sejak saat itu saya memutuskan untuk tidak lagi mengkonsumsi ikan sarden kalengan meskipun dikatakan banyak mengandung protein oleh Bu Menkes.

Hampir setiap hari saya mantengin Facebook, tiba-tiba secara tidak sengaja lewatlah resep SARDEN HOMEMADE di beranda yang di share oleh salah seorang anggota group masak memasak yang saya ikuti, karena sudah cukup lama sekali saya tidak bisa mengkonsumsi sarden kalengan maka sontak jiwa kuliner emak bergejolak dan tanpa pikir panjang lagi segera deh emak catat dibuku resep dan tidak lupa untuk save di akun Facebook.

Disini pasar hanya buka dua kali dalam seminggu yaitu hari Minggu dan hari Rabu. Planning di kepala untuk segera mencoba resep sarden home Made membuat saya berusaha untuk tidak lupa untuk membeli bahan utamanya yaitu ikan sarden segar yang disini lebih di kenal dengan sebutan ikan serai, dan gara-gara ingin mencoba resep sarden home Made ini saya bela-belain membeli panci presto yang selama ini hanya saya intip saja di market place, maju mundur syantiiiik saya mau membelinya karena sejujurnya saya takut banget masak pakai panci presto.... horor bin parno dibuatnya...hahaha. Singkat cerita sepulangnya dari pasar saya langsung eksekusi resepnya, dan.....taraaaaa... ternyata rasanya 95% mendekati rasa sarden kalengan. Anak-anak dan pak suami excited banget...lahap sekali mereka makan.

Baiklah... langsung saja saya akan sharing resep sarden home Made nya dengan sedikit modifikasi dari resep aslinya menyesuaikan dengan ketersediaan bahan-bahan yang ada di rumah.
 
Bahan-bahan :
1 kg ikan sarden/ikan serai (potong kepala dan ekornya)
5-6 bh tomat ukuran sedang (saya pakai tomat Medan)
10-15 siung bawang merah
5-6 siung bawang putih
1 sdm margarin
1 sdm garam kasar
1 sdm gula pasir
1 1/2 liter air 

Untuk langkah-langkah pembuatannya bisa disimak di video berikut ini 

Nah...itu tadi sedikit sharing tentang resep sarden home Made. Mudah mudahan bisa bermanfaat bagi emak-emak untuk menyediakan makanan favorit anggota keluarga yang enak tapi tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

D 0074 - Gangguan Rasa Nyaman -SDKI, SLI, SIKI PPNI

Nausea (D. 0076)

PAKET KUOTA BELAJAR TELKOMSEL 10GB HANYA Rp.10