Featured Post

Nausea (D. 0076)

Gambar
Definisi Perasaan tidak nyaman pada bagian belakang tenggorokan atau lambung yang dapat mengakibatkan muntah Penyebab Gangguan biokimiawi (mis. Uremia, ketoasidosis diabetik) Gangguan pada esofagus Distensi lambung Iritasi lambung Gangguan pankreas Peregangan kapsul limpa Tumor terlokalisasi (mis. Neuroma akustik, tumor otak primer atau sekunder, metastasis tulang di dasar tengkorak Peningkatan tekanan intra abdominal (mis. Keganasan intra abdomen) Peningkatan tekanan intrakranial Peningkatan tekanan intraorbital (mis. Glaukoma) Mabuk perjalanan Kehamilan Aroma tidak sedap Rasa makanan/ minuman yang tidak enak Stimulus penglihatan tidak menyenangkan Faktor psikologis (mis. Kecemasan, ketakutan, stres) Efek agen farmakologis Efek toksin Gejala dan tanda Mayor Subjektif Mengeluh mual Merasa ingin muntah Tidak berminat makan Objektif (Tidak tersedia) Gejala dan tanda Minor Subjektif Merasa asam di mulut Sensasi panas/ dingin Sering menelan Objektif Saliva meningkat Pucat Diaforesis Takika

3 PELUANG USAHA DIMASA PANDEMI CORONA




Sudah menjadi ketetapan Allah SWT, bahwa pasti akan ada hikamah disetiap musibah, ada kemudahan disetiap kesulitan, tak terkecuali musibah yang sedang kita alami sekarang yaitu pandemi covid 19. Mungkin bagi sebagian orang, Pandemi ini menjadi penyebab berkurangnya pendapatan mereka, bahkan menghilangkan pekerjaan. Namun disisi lain Pandemi Corona ini juga membawa keberuntungan bagi sebagian yang lain. Tidak sedikit peluang usaha baru yang tercipta dikala pendemi dengan capaian keuntungan yang berlipat ganda. Beberapa peluang usaha tersebut diantaranya adalah : 

1.Jual Beli Online 

Mungkin sektor usaha yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita, namun kenaikan trend bisnis online terbilang cukup signifikan, tidak hanya dibeberapa market place ternama, akan tetapi faktanya jenis bisnis ini sudah meluas dan diadopsi oleh usaha skala kecil sekelas industri rumah tangga. Mereka menerapkan sistem jual beli Online sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan pemerintah yang menghimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan didalam aktivitasnya sehari-hari. Banyak alasan yang membuat trend belanja online cukup digemari dikalangan konsumen, mulai dari mager alias males gerak, praktis, hemat biaya, dan cenderung harga yang di tawarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasar. Dimasa pandemi ini pilihan berbelanja dengan sistem online sangat cocok di terapkan , karena sistem belanja ini meminimalisir potensi terjadinya penularan covid 19. Dari beberapa teman yang mencoba memanfaatkan situasi ini, mereka mengaku kebanjiran orderan hingga dua kali lipat dibandingkan sebelum saat pandemi ini, namun karena tidak adanya jasa pengiriman untuk wilayah pedesaan, maka mereka memutuskan untuk merangkap menjadi kurir yang mengantarkan langsung produk mereka ke tangan konsumen, tentunya dengan tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan. 

  2. Produksi Masker Kain, face Shield, dan konektor Masker Hijab

Salah satu item perilaku di dalam protokol kesehatan selama pandemi Corona ini adalah menggunakan masker. Sebelumnya Masker hanya di pakai oleh para tenaga medis, dan sebagian pengendara motor yang hanya bertujuan untuk menghindari debu. Namun sejak virus Corona resmi memasuki negara kita sekitar bulan Maret lalu, permintaan konsumen akan ketersediaan Masker meningkat tajam. Bahkan banyak pedagang nakal yang memanfaatkan keadaan dengan menimbun dan memasarkan kembali masker bedah dengan harga hingga mencapai sepuluh kali lipat dari harga normal. Namun sejak kebijakan pemerintah yang menganjurkan pemakaian masker bedah hanya diperuntukkan bagi tenaga medis dan masker kain yang di anjurkan untuk masyarakat, maka peluang usaha produksi Masker kain mulai terbuka lebar.
Ditengah lesunya perekonomian dimasa pandemi Corona, beberapa tukang jahit yang jeli membaca situasi memutuskan untuk banting setir dengan memproduksi masker kain, dan hasilnya cukup memuaskan. 

Sejalan dengan tingginya permintaan Masker Kain, yang tak kalah menarik yaitu peluang usaha face Shield dan konektor masker hijab. Baik produsen ataupun reseller mengaku bahwa mereka kebanjiran pesanan barang-barang yang berhubungan dengan kebutuhan alat pelindung diri. Barang-barang tersebut banyak beredar di pasaran baik  offline maupun online.

3. Tanaman hias

Dari beberapa peluang usaha yang saya sebutkan, mungkin ini adalah salah satu yang tidak berhubungan dengan alat pelindung diri. Tetapi akhir-akhir ini peluang bisnis tanaman hias cukup menjanjikan. Selama pandemi Corona ini pemerintah memberlakukan WFH (work from home) sehingga sebagian besar waktu kita habiskan di rumah saja. Beberapa orang memanfaatkan waktu luang mereka dirumah dengan menanam dan merawat tanaman hias. Peluang inilah yang di tangkap oleh produsen tanaman hias, sehingga beberapa Janis tanaman hias menjadi viral di dunia Maya. Challenge fotografi dari tanaman hias yang mereka miliki di rumah juga menambah semarak media sosial.

Nah... itulah tiga peluang usaha yang bisa kita coba di masa pandemi ini. Mungkin masih banyak peluang usaha lain yang luput dari perhatian saya. 
Mudah mudahan bisa bermanfaat dan menginspirasi. Tetaplah semangat mencari rezeki yang halal dan berkah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

D 0074 - Gangguan Rasa Nyaman -SDKI, SLI, SIKI PPNI

Nausea (D. 0076)

PAKET KUOTA BELAJAR TELKOMSEL 10GB HANYA Rp.10