Featured Post

Nausea (D. 0076)

Gambar
Definisi Perasaan tidak nyaman pada bagian belakang tenggorokan atau lambung yang dapat mengakibatkan muntah Penyebab Gangguan biokimiawi (mis. Uremia, ketoasidosis diabetik) Gangguan pada esofagus Distensi lambung Iritasi lambung Gangguan pankreas Peregangan kapsul limpa Tumor terlokalisasi (mis. Neuroma akustik, tumor otak primer atau sekunder, metastasis tulang di dasar tengkorak Peningkatan tekanan intra abdominal (mis. Keganasan intra abdomen) Peningkatan tekanan intrakranial Peningkatan tekanan intraorbital (mis. Glaukoma) Mabuk perjalanan Kehamilan Aroma tidak sedap Rasa makanan/ minuman yang tidak enak Stimulus penglihatan tidak menyenangkan Faktor psikologis (mis. Kecemasan, ketakutan, stres) Efek agen farmakologis Efek toksin Gejala dan tanda Mayor Subjektif Mengeluh mual Merasa ingin muntah Tidak berminat makan Objektif (Tidak tersedia) Gejala dan tanda Minor Subjektif Merasa asam di mulut Sensasi panas/ dingin Sering menelan Objektif Saliva meningkat Pucat Diaforesis Takika

TIPS MENDISPLINKAN ANAK TANPA KEKERASAN


Menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak kita adalah cita-cita yang tidak mudah untuk di wujudkan, di butuhkan pengetahuan yang cukup tentang ilmu parenting yang baik serta tidak kalah penting yaitu kesabaran. 

Bagi orang tua terutama bagi sebagian besar kaum ibu, mendidik anak-anak untuk lebih disiplin tanpa menggunakan kekerasan hampir menjadi hal berat yang harus diterapkan. Pengalaman pribadi yang saya rasakan sebagai ibu dari tiga orang anak yang memiliki perbedaan watak dan karakter, ditambah lagi kesibukan sebagai ibu bekerja plus segudang pekerjaan dirumah yang tidak pernah ada habisnya, nyaris saja cita-cita untuk mendisplinkan anak tanpa kekerasan hanya menjadi angan-angan kosong semata. 

Tidak dapat di pungkiri bahwa tingginya suara dan intonasi serta timbulnya urat-urat leher ketika mendidik anak-anak dirumah sudah menjadi hal yang lumrah, namun tidak ada yang tidak mungkin jika kita sebagai orang tua khususnya ibu mau belajar untuk menjadi lebih sabar dan penuh dengan kelembutan ketika menghadapi anak-anak dirumah.

Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa menjadi referensi kita untuk mendisiplinkan anak tanpa kekerasan :

1. Katakan Dengan Cara Halus Tapi Tegas

Anda bisa berlutut agar sama tinggi dengan anak, lalu pegang pundaknya, serta tatap matanya sambil bicara secara halus namun tegas dan kalimat pendek sambil berkata "mama ingin kamu mandi sekarang juga".

2. Tenangkan Diri Anda

Apabila anda sedang marah, seperti yang ingin meledak dan ingin memukul anak, tahanlah dan tarik nafas panjang, lalu pergilah keruangan lain, setelah anda tenag coba diskusikan dengan anak anda mengapa perbuatannya kurang berkenan.

3. Berikan Anak Anda Konsekuensi

Apabila anak melanggar peraturan, beritrhu anak bahwa perbuatannya salah. Berikan tugas tambahan sesuai dengan usia anak dan sesuai dengan kesalahan yang dilakukan.

4. Jangan Melibatkan Diri untuk Berkonflik dengan Anak

Sering terjadi orang tua terpicu amarah ketika anak menjawab balik perkataan orang tuanya secara kasar. Dalam situasi ini sebaiknya orang tua cepat pergi ke ruangan lain, usahakan untuk tetap tenang sambilkatakan, kamu boleh ketuk kamar mama apabila kamu sudah minta maaf atas kata-kata kamu yang tidak sopan.

demikian tadi beberapa tips singkat mendisplinkan anak tanpa kekerasan yang bis asama-sama kita pelajari serta kita terapakan dirumah, mudah mudahan bermanfaat bagi saya dan bagi anda para orang tua.

sumber : Ig.talkparenting



Komentar

Postingan populer dari blog ini

D 0074 - Gangguan Rasa Nyaman -SDKI, SLI, SIKI PPNI

Nausea (D. 0076)

PAKET KUOTA BELAJAR TELKOMSEL 10GB HANYA Rp.10